Lidah merupakan salah satu organ yang begitu sering kita gunakan tetapi juga sering dibaaikan. Lidah merupajan organ yang berguna untuk membantu tubuh menelan, mencerna makanan, berbicara dan yang lain. Sayangnya, kita jarang memperhatikan organ ini.

Biasanya, masalah yang sering terjadi ialah lidah gatal. Siapa yang menyangka jika sebenarnya kondisi ini bisa menjadi salah satu tanda dari sakit yang serius. Lantas apa saja yang menjadi pemicu dari kondisi ini?

Penyebab Lidah Gatal yang Sering Dirasakan

Pada dasarnya, hal yang menjadi penyebab lidah terasa gatal cukup beragam, mulai dari penyebab ringan, bahkan sampai penyebab yang serius serta memerlukan perawatan khusus. Berikut berbagai macam penyebab lidah terasa gatal, antara lain:

Alergi

Alergi dapat terjadi saat seseorang bereaksi pada zat yang ada di sekitarnya namun tidak berbahaya untuk kebanyakan orang. Zat tersebut sering disebut dengan alergen dan sering ditemukan di debu, serbuk sari, hewan peliharaan, kutu dan jamur.

Lidah yang terasa gatal menjadi tanda jika kamu sedang mengalami alergi. Mungkin kamu terpapar allergen dan membuat lidahmu menjadi jauh lebih sensitive. Alergi ini bisa terjadi dari waktu ke waktu serta tidak melulu bawaan lahir.

Adanya virus

Virus yang menyerang saluran pernapasan seperti pilek juga bisa menjadi akar penyebab lidah terasa gatal. Saat seseorang terkena infeksi dari virus, biasanya system kekebalan tubuh akan lebih menurun.

Tentu saja bila hal ini terjadi, sel tubuh bisa menyebabkan peradangan serta menjadi penyebab langit-langit mulut terasa gatal. Bila infeksi virus menyerang, gejala yang akan kamu rasakan selain lidah terasa gatal adalah demam, membengkaknya kelenjar getah bening, sakit kepala, suara serak, bersin dan pilek, tenggorokan sakit.

Perubahan hormone

Bila gatal pada lidah yang kamu alami dibarengi dengan pembengkakan, bisa jadi penyebabnya adalah perubahan hormone. Bahkan, perubahan hormone ini juga bisa menyerang gusi. Biasanya, masalah ini juga dibarengi dengan munculnya rasa gatal di area sekitar gusi.

Cara Mengetasi Lidah Gatal

Mengatasi masalah lidah yang gatal, tentu saja bergantung dari masalah yang dialami. Berikut berbagai macam cara yang bisa dilakukan agar bisa meredakan rasa gatal pada lidah, antara lain:

Mengkonsumsi obat alergi

Bila masalah gatalnya lidah disebabkan karena reaksi alergi, kamu bisa menunggunya reda selama beberapa menit. Namun jika tidak kunjung reda, kamu bisa mengkonsumsi obat alergi. Obat alergi saat ini dijual bebas di apotek sehingga kamu tidak perlu resep dokter.

Membersihkan lidah

Cara lain mengatasi lidah yang gatal adalah membersihklan lidah. Untuk membersihkan lidah, kamu bisa menggunakan pembersih lidah seperti sikat gigi, kotoran serta bakteri yang menumpuk pada lidah bisa menyebabkan gangguan lidah dan mulut sehingga menyebabkan lidah menjadi terasa gatal.

Oleh sebab itu, untuk mengatasi masalah ini, kamu harus membersihkannya dengan menggunakan pembersih khusus.

Minyak kelapa

Minyak kelapa mempunyai manfaat yang begitu baik bagi kesehatan seperti menguatkan akar rambut, melembabkan kulit, hingga untuk bahan masakan. Minyak kelapa juga memiliki sifat antivirus dan antibakteri sehingga bisa mengurangi rasa gatal pada lidah.

Penyebab serta cara mengatasi lidah yang gatal tentu saja bergantung dari akar penyakit. Bisa jadi, gatalnya lidah bukan menjadi perkara yang serius. Namun, untuk memastikannya, kamu bisa melakukan konsultasi ke dokter. Lebih-lebih jika rasa gatal pada lidah ini tidak kunjung mereda dan semakin parah.

Leave a Reply